Start menu lama banget munculnya? Jika memang spek kompie kamu pas-pasan jangan nyerah sama keadaan. Ada sedikit tips yang bisa mengurangi bete kamu saat mengakses start menu.

  1. Klik kanan ikon My Computer, pilih Properties.
  2. Pilih tab Advanced, didalam kotak Performance, klik tombol Settings.
  3. Hilangkan tanda centang pada check box “Fade or slide menus into view”.
  4. Lalu klik OK.

Dan sekarang, whus..whus.. gak ada alasan bikin shortcut semua aplikasi sampai menuhin desktop. 

Buat sebagian orang, mematikan kompie melalui Start Menu masih terlalu panjang tahapannya. Ada yang menginginkan sekali klik untuk mematikan kompie, seperti cukup menekan tombol power saja.

Jika memang ingin sekali kamu mematikan kompie dengan sekali pencet, karena sudah kebelet meninggalkan kompie untuk sesuatu urusan misalnya, kamu bisa bikin shortcut yang ditaruh di desktop.

Sebetulnya kita membuat sebuah shortcut yang menjalankan program shutdown.exe dengan cara:

  1. Klik kanan di desktop.
  2. Pilih New – Shortcut.
  3. Tulis perintah: shutdown -s -t 00.
  4. Klik Next.
  5. Buat sebarang nama untuk shortcut ini.
  6. Finish.

Ayo, balapan matiin kompie!

Buat kamu yang biasa naruh data di tempat default windows yaitu di My Document, mungkin ada baiknya merubah kebiasaan itu. Dengan makin banyaknya virus-virus yang sulit dibasmi, terkadang Install Ulang Windows adalah cara akhir paling mudah dan banyak dipilih.

Namun backup data adalah sesuatu hal yang sangat menyita waktu. Mindahin data dari ‘C’ ke ‘D’ baru kemudian Format C dan Reinstall Windows. Bisa berjam-jam, apalagi dengan Processor lemot, bila koleksi MP3 dan Video kamu seabrek-abrek.

Lain cerita kalo data-data kamu memang sudah biasa tersimpan di Drive atau Partisi  D (dengan asumsi sistem windows terinstall di drive C). Gak perlu mindahin data dulu sebelum install ulang. Dan jika di komputer kantor ini sangat membantu pekerjaan orang IT.

Berikut cara mengatur folder My Document kamu secara otomatis berada di lokasi lain. Misal data-data yang kamu save di My Document akan tersimpan di folder ‘Data’ di drive ‘D’.

  • Klik kanan icon My Document di Desktop
  • Pilih Properties, tab Target
  • Pada kotak Target Folder Location, klik Browse
  • Pilih lokasi folder Data di drive ‘D’, kemudian OK dan OK.

Selanjutnya jika kamu membuka My Document, sebetulnya file-file isinya berada di folder ‘Data’ di Drive ‘D’. Sehingga apabila terjadi sesuatu yang mengerikan pada sistem windows kamu, hapus, dan install ulang aja. Datamu aman berada di drive ‘D’. Karenanya, hardisk kamu wajib memiliki partisi lebih dari satu. Sekarang lazim ada drive ‘C’, ‘D’, ‘E’, dst.

Teknisi : Bad News mbak, windowsnya harus di-install ulang nich. Dan saya susah bwat nyelametin data di My Document-nya T-T

Kamu : Ok, install aja mas. Semua dataku di drive ‘D’ kok :)  

Sebuah kesalahan yang tanpa disadari sering kita lakuin adalah mencabut dengan gitu aja USB Flash Disk dari port-nya setelah selesai pakai. Tindakan ini bisa menyebabkan kerusakan pada UFD itu sendiri, pesan “USB device not recognized” adalah salah satu yang ditampilkan apabila UFD mengalami kerusakan yang salah satunya disebabkan asal cabut tadi.

Sebaiknya, sebelum kamu mencabut UFD terlebih dahulu menghentikan proses koneksi komputer ke UFD, walo pun Windows XP mendukung Plug and Play.  Klik ikon koneksi USB di system tray, lalu pilih Safely Remove Hardware, lalu pilih Stop. Setelah itu baru UFD aman untuk dicabut.

Hal ini berlaku juga pada device yang menggunakan USB seperti MP3 Player, harddisk portabel, dan lain-lain. Daripada menyesal kemudian, lebih baik repot dikit dengan mengikuti prosedur.

Kamu bikin laporan di Excell untuk disajikan ke bos. Namun lebar worksheet kamu melebihi lebar kertas, kalo dipaksain di cetak bisa kepotong-potong dan to be continued ke halaman lain.  Gimana sih  biar bisa dicetak muat  pas kertas?

Pilih menu File, Page Setup, lalu pilih tab Page. Pada Scaling pilih Fit to, dan isi dengan nilai 1. Kemudian pada kotak disebelah page(s) wide by, kosongkan nilainya supaya tinggi halaman tidak dibatasi.

scalling

Nah, tinggal cetak deh.

Photo-photo dan gambar-gambar milikmu betebaran di seantero hardisk? Acak-acakan dan tidak beraturan, saat butuh photo kamu bedua ama pacar untuk dicetak buat sampul cd hadiah valentine, lupa naruhnya di folder mana!

Supaya photo dan file gambar teroraganisir dengan rapi, aku saat ini memakai Picasa, software photo gratis dari Google. Picasa dapat mencari dan mengedit image dengan mudah. Setiap kali dibuka, Picasa akan menemukan semua gambar pada kompie kamu (bahkan yang tersembunyi sekalipun), mengurutkannya dan menatanya dalam album dengan pengelompokkan berdasarkan tanggal dan nama file.

Picasa dapat mengedit photo dan menambahkan efek, membuat slideshow juga membakarnya ke CD bahkan format VCD. Koleksi photo pribadi dan rahasia (photo syurr Rahma Azhari misalnya :) ), bisa aku proteksi dengan password supaya si kecil putriku gak menemukannya.

Download Picasa disini, dan Selamat Hari Valentine!

Picasa

Jangan sepelekan peran keyboard. Suatu saat ada keadaan dimana mouse gak bisa berperan banyak, keyboard malah dapat melakukannya. Jika memiliki monitor lama dengan kemampuan menampilkan area layar maksimal resolusi 640×480, terbayang gimana sempitnya.

Bisa saja jendela Ms Word ato viewer photo kamu gak sengaja kegeser jauh ke sisi samping atas layar, apalagi jika nampilin photo yang super gede. Nah lho, jendelanya keliatan separo dan title barnya ilang ‘kan? Gimana tuh mindahinnya ke semula di area layar.

Tanpa title bar mouse gak bisa drag untuk dapat geser jendela. Kamu bisa pake keyboard buat mindahinnya.

Tekan tombol Alt+Space, akan muncul menu:

Menu

 

Kemudian tekan huruf yang bergaris bawah, misal untuk memindahkan pilih m (move), lalu pakai tombol panah buat geser jendela, ke kiri, kanan, atas ato bawah. Kalo udah pas, tekan enter.

Menu lainnya: Restore untuk ngecilin ato ngebesarin jendela, Move untuk geser jendela, Size untuk merubah ukuran jendela, Minimize untuk ngilangin jendela dari layar ke taskbar, Maximize nampilin jendela di layar, Close menutup jendela.

——-

Kamus: Title Bar, atau disebut juga caption adalah area judul kotak window/jendela, tempatnya di bagian paling atas dari kotak window.

Screenshoot:

 

Title Bar

November 2014
M S S R K J S
« Agu    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Tips & Trik

Powered by

Add to Technorati Favorites Free online advertising

RSS Virus Paling Nyusahin

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

LiveChart

Jumlah posting berisi kata Computer dalam 30 hari:
Technorati Chart

Jumlah posting berisi kata Indonesia dalam 7 hari:
Technorati Chart

Blog Stats

  • 4,841 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.